Resume SIM Pert. 3


IT sebagai Keunggulan Kompetitif

Strategic IT

· Teknologi tidak lagi merupakan pemikiran terakhir dalam membentuk strategi bisnis, tetapi merupakan penggerak. Salah satu peran aplikasi SI dalam bisnis adalah untuk memberikan dukungan yang efektif atas strategi perusahaan agar dapat memperoleh keunggulan kompetitif.

Menciptakan sistem informasi strategis, untuk
membantu organisasi :

·         Memperoleh keunggulan kompetitif
·         Mengurangi kelemahan kompetitif organisasi lain
·         Atau memenuhi tujuan strategis organisasi lainnya

Model Michael Porter
·         Persaingan dari para pesaing dalam industri
·         Ancaman pemain baru dalam industri
·         Ancaman terhadap produk pengganti
·         Daya tawar pelanggan/ customer
·         Daya tawar pemasok/ supplier

Tekanan dan Strategi Kompetitif

5 Strategi Kompetitif

Cost Leadership (Pemimpin dalam biaya)
·         Biaya produksi yang rendah
·         Cara membantu para pelanggan/ pemasok
·         mengurangi biaya mereka

Diferensiasi
·         Diferensiasi produk dan jasa
·         Focus pada produk atau jasa

Innovasi
·         Menemukan cara baru dalam bisnis (produk/ jasa yang unik)
·         Perubahan radikal dalam proses bisnis

Pertumbuhan
·         Memperluas kemampuan produksi
·         Memperluas pasar global
·         Integrasi dalam produk/ jasa yang berhubungan

Aliansi (Persekutuan)
·         Membuat hubungan bisnis baru dengan pelanggan, pemasok, pesaing, konsultan dan lainnya
·         Dapat berupa merger atau akuisisi

Strategi Dasar Penggunaan TI
  • Biaya lebih rendah
  • Differensiasi
  • Inovasi
  • Mendukung Pertumbuhan
  • Mengembangkan Persekutuan (aliansi)
Strategi bisnis dengan mengembangkan IT untuk menciptakan perbedaan yang kompetitif, al:
  • Produk
  • Jasa
  • Kemampuan
Bagaimana IT Membantu Mewujudkan

 Pelanggan
Kemampuan memilih pelanggan dalam mengeploitasi peluang inovasi (sbg sumber ide, pembuat ide, pemakai dalam menguji ide dan membantu pemakai lain mempelajari ide). TI membangun dan memperkuat komunitaspelanggan virtual untuk umpan balik dan pengujian

Kemitraan
Kemampuan untuk meningkatkan asset-aktiva, kompetensi pemasok, distributor dalam mengeploitasi peluang inovasi. TI memfasilitasi kerjasama antarperusahaan, misal portal dan sistem rantai pasokan

Strategi dasar untuk implementasi perusahaan lincah :
·         Pelanggan menganggap produk/ jasa sebagai solusi resents products as solutions to customersnproblems
·         Bekerjasama dengan pelanggan, pemasok, perusahaan lain dan kompetitor
·         Dapat memasarkan produk dengan cepat dan hemat
·         Dapat bertahan ketika terjadi perubahan
·         Meningkatkan dampak SDM dan pengetahuannya

0 komentar: